Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan perpustakaan keliling di perpustakaan kota Surabaya. Peneliti menggunakan teknik sample random sampling incidental dengan populasi yang digunakan peneliti 5 petugas dan 10 pengunjung perpustakaan keliling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi secara langsung ke lapangan, wawancara kepada informan yang mengunjungi perpustakaan keliling dan dokumentasi saat penelitian dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena tertentu secara terperinci. Dari hasil penelitian yang dilakukan pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif. Pelayanan perpustakaan keliling dinilai tidak efektif karena dari beberapa komponen yang ada dinilai kurang dalam memberikan layanannya. Komponen-komponen tersebut adalah sistem, mekanisme dan prosedur, produk pelayanan, sarana, prasarana dan fasilitas, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jumlah pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan. Kedelapan komponen inilah yang menjadi faktor penyebab pelayanan perpustakaan keliling dikatakan tidak efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
For yout correction, write your comment in here. Thank you.
(Tulislah komentar anda di sini untuk perbaikan. Terima kasih)