Abtrak
Pelayanan publik akhir-akhir ini menjadi isu sentral telah menuntut semua pihak, baik pemerintah dan lembaga masyarakat untuk mengatur kembali pelaksanaannya. Tuntutan masyarakat untuk pelayanan publik yang berkualitas, memiliki prosedur yang jelas, dilaksanakan segera dan dengan biaya yang wajar, terus ke depan dari waktu ke waktu. Dengan demikian penulis mengambil judul Hubungan Antara Kualitas Layanan dan aparat Kualitas (PDAM Tirta studi cahaya besar di Tulungagung) karena banyak keluhan dari pelanggan. Tujuan dari penelitian untuk menentukan respon dari aparat serta hubungan antara kualitas aparatur dengan kualitas layanan. Metode ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 50 responden dan 20 karyawan di di PDAM Tirta Cahya Tulungagung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pencatatan data Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa respon dari PDAM Tirta Agung Cahya sudah cukup baik, dilihat dari hasil kuesioner yang diberikan kepada pelanggan dan rata-rata mengatakan respon yang cukup dalam menanggapi keluhan, dan hubungan antara kualitas personil dan kualitas pelayanan berkaitan erat dengan kualitas aparatur dimana indakator yaitu produktivitas, tanggung jawab, tanggap, kualitas pelayanan, akuntabilitas berarti untuk menentukan kualitas aparatur penilaian kualitas pelayanan menentukan kualitas layanan.
Kata kunci: Kualitas Aparatur Dan Kualitas Pelayanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
For yout correction, write your comment in here. Thank you.
(Tulislah komentar anda di sini untuk perbaikan. Terima kasih)