Abstrak
Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan kepada masyarakat adalah pelayanan dalam bidang kependudukan. Akta Kelahiran merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus Penelitian ini antara lain : (1). Bagaimanakah kualitas pelayanan jasa pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, (2). Kendala apakah yang dihadapi dalam pembuatan akta kelahiran anak di luar nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hasil Penelitian : 1. Persepsi pelanggan memberikan nilai lebih untuk keempat indikator reliability, respons, assurance, dan empathy ini dengan kategori baik, sedangkan untuk tangible cukup baik untuk pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. 2.Tidak ditemukan kendala, dikarenakan si pemohon telah mengetahui persyaratan-persyaratan baik informasi yang didapatkan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya maupun melalui online. Semua pada dasarnya dari masyarakat sendiri yang mau mengerti dan mentaati akan prosedur dan persyaratan yang wajib di pahami dan diikuti.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan publik, akta kelahiran, kinerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
For yout correction, write your comment in here. Thank you.
(Tulislah komentar anda di sini untuk perbaikan. Terima kasih)